Selamat datang Kosoredjoers! Terima kasih karena sudah mampir di blog-nya Trah Kosoredjo. Kritik, saran, masukan, dan komentar dari Kosoredjoers sangat kami butuh kan. Ciaoo!
RSS

Kamis, 30 Desember 2010

[TIPS] Menjaga Privasi di Facebook

Sehubungan dengan banyaknya Kosoredjaners yang sudah memiliki akun di Facebook, maka wajib untuk diketahui betapa pentingnya menjaga privasi kita di dunia maya (termasuk Facebook) agar tidak terjadi pencurian identitas pribadi (e-mail, tanggal lahir, nomor telepon, dan atau biodata lainnya). Belakangan ini marak kasus cracking akun facebook oleh sejumlah orang yang tidak bertanggungjawab. Hal ini bisa saja terjadi pada Anda jika Anda lalai dalam menjaga keamanan privasi Anda sendiri. Ingat! tampilkan identitas Anda di dunia maya secukupnya. Tidak perlu mengungkapkan siapa jatidiri Anda secara lengkap di dunia maya.
Lalu bagaimana mengantisipasi supaya akun Facebook kita tidak dengan mudahnya di jebol si cracker ? Berikut beberapa tips yang setidaknya bisa meminimalisir serangan cracker pada akun Facebook :

1. Sering-seringlah Mengganti Password
Mungkin ini disepelekan bagi beberapa orang, bahkan ada yang menggunakan satu password untuk semua akun yang dimilikinya. Jadi disarankan agar Anda mengganti password Anda secara berkala. Tapi jangan sampai lupa dengan password Anda sendiri, apalagi memberitahukan password Anda pada orang lain. Gunakan password dengan kombinasi huruf dan angka.

2.  Sembunyikan E-mail di Facebook
Kenyataannya para cracker bisa mengambil alih akun facebook Anda hanya dengan menggunakan alamat e-mail Anda yang muncul di halaman Profil > Info. Jadi tidak ada salahnya kalau Anda menyembunyikan alamat e-mail demi keamanan akun facebook Anda sendiri. Kalau Anda belum tahu cara menyembunyikan email, silakan simak panduannya di sini

3. Sembunyikan Nomor Telepon di Facebook
Sering terjadi juga nomor telepon yang tampil di halaman Profil > Info, digunakan orang lain untuk hal-hal yang sifatnya iseng belaka. Jadi tidak ada salahnya kalau nomor telepon ini ikut disembunyikan juga. Caranya sama dengan teknik menyembunyikan e-mail, cuma yang diubah sekarang pada bagian Telepon Seluler.

4. Jangan Log-in Sembarangan
Kadang kala kita mengakses facebook di warnet, atau memakai komputer/laptop orang lain. Untuk itu pastikan komputer itu terbebas dari virus/spyware, dan sudah ter-install antivirus/antispyware. Jangan pernah memberi izin pada software komputer untuk mengingat password Anda, dan yang paling penting jangan lupa Log-out setelah Anda selesai membuka akun facebook Anda.

Selamat mencoba dan semoga bisa membantu! GBU.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan mengisi komentar dengan sopan, singkat, padat, dan jelas.

 
http://www.emocutez.com